WNI Masih Di Mesir

WNI Masih Di Mesir

Sudah beberapa hari Mesir dalam keadaan yang tidak stabil. Dengan adanya bentuk demonstrasi yang dilakukan massa menurunkan Husni Mubarak dari jabatan presiden Mesir. Ini terjadi kurang lebih 3-4 hari. Dan kejadian tersebut juga ternyata mengancam keselamatan WNI ( Warga Negara Indonesia ) yang masih berada di Negara Mesir. WNi yang di Mesir mempunyai berbagai macam profesi disana. Selain berstatus sebagai TKI, juga masih ada yang berstatus Mahasiswa di Mesir. Sekitar 6000 WNi yang masih berada di Mesir. Ini merupakan suatu hal terbesar yang semestinya segera ada tindak lanjut dari Presiden negara Indonesia untuk memulangkan WNI dari Mesir. Ini merupakan jalan utama untuk menghindari kekerasan yang cukup menegangkan di Mesir, dimana para demonstran ternyata sudah mencapai pada taraf adu fisik antara polisi dengan para demonstran.

Presiden dan Menteri Tenaga Kerja segera melakukan proses pengembalian WNI ke tanah air, jangan seperti kejadian yang dahulu para TKI yang melariakn diri dan juragannya tidak segera dipulangkan. Dibiarkan tinggal di bawah Kolong jembatan tanpa ada tindak lanjut dari pemerintah Indonesia. Proses pengembalian atau pemulangan tersebut segera di selesaikan dengan secepatnya, sesuai prosedur dan tranparansi data harus cukup jelas untuk pembuktian bagi masyarakat yang terwakilkan yakni kepada anggota Dewan.

Kekhawatiran juga dirasakan oleh beberapa Mahasiswa yang kuliah disana yang ternyata hanya kurang satu semester atau sedang berjalannya proses persidangan skripsi, tesis, atau desertasi tidak mau untuk kembali ke tanah air. Ini setidaknya menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah Indonesia jika halnya dihadapkan kepada mentalitas mahasiswa yang demikian. Sedikit saran untuk mendatangkan juga para psikiater atau psikolog untuk menangani hal yang demikian supaya tidak menghambat proses kembalinya WNI yang masih di Mesir ke Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *