Wajibkah Puasa di Bulan Ramadhan??

Wajibkah Puasa di Bulan Ramadhan??

Penuh tanda tanya besar memasuki bulan ramadhan. Bulan yang menjanjikan pahala berganda untuk kita, umat yang menjalankan amal ibadah. Menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Amal ibadah di bulan ramadhan khususnya seperti halnya puasa. Wajibkah kita berpuasa? Memang hal yang wajar, ketika bermunculan pertanyaan yang sedemikian halnya ketika melihat umat yang hidupnya tidak sama dengan kita. umat yang hidupnya berkecukupan, hidup sederhana, hingga makan pun tidak bisa sehari, dua hari, hingga lebih. Renungkanlah dalam hati mampukah kita menjalankan kehidupan demikian.

Disinilah, di Ramadhan bulan yang penuh dengan gemerlap nikmat. Mampu memberikan pencerahan bagi kita memahami hal yang biasa dan ternyata bisa krusial jika kita salah memahaminya. Berpuasa merupakan tindakan menahan segala hawa nafsu, baik lahiriah maupun batiniah. Dengan berpuasa mampu membersihkan, mensucikan diri kita terhindar dari dosa yang selama ini telah kita lakukan dan rasakan. Dan berpuasa juga sikap untuk merasakan kehidupan saudara-saudara kita yang tidak beruntung. Menahan nafsu makan dan minum, itu sudah mencerminkan bahwasannya kita juga merasakan hidup menjadi orang yang sederhana tidak berlebihan.

Jadi, wajibkah kita berpuasa?. Sudah barang tentu puasa akan mengajarkan kita bagaimana hidup yang semestinya. Hidup yang sederhana tetapi berkecukupan. Sungguh nikmat berpuasa ketika kita mengkontrol pola makan minum kita. kewajiban berpuasa adalah bagi setiap umat yang ingin mengubah pola hidup yang semula bermewahan kini hidup sederhana tetapi berkecukupan. Jika ada lebih rezeki, tidak lupa kepada saudara kita yang memerlukan bantuan kita. disinilah puasa mengajarkan kita untuk berbagi satu sama lain. Sungguh nikmat puasa adalah nikmat bagi orang yang memahami bertul hikmah puasa. Berpuasalah, karena puasalah bukan saja kewajiban tetapi juga sebagai pengontrol hidup kita lebih baik tidak berlebihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *