Tomcat: Serangga Pembawa Untung Rugi

Tomcat: Serangga Pembawa Untung Rugi

Hewan kecil identik dengan imut dan mungil. Memberi nuansa indah bagi sang pemilik. Seperti kucing, anjing, kelinci dan lainnya. Kalau serangga, seperti walang keket, kupu-kupu, dan masih banyak lagi. Entah mengapa, serangga satu ini membuat manusia berfikir plin plan. Tidak konsisten, kadang membawa untung-kadang membawa rugi. Siapa gerangan hewan ini? Sekecil apakah dia? Apakah seindah kupu-kupu yang lucu?

Source Image by http://www.indoforum.org

Banyak pertanyaan diajukan serangga satu ini. Kenalin panggilannya Tomcat, bukan Tom dan Jerry, he.. sebutan keren, manfaat pun juga istimewa. Tomcat atau sering disebut kumbang rove biasanya tinggal di area persawahan. Mereka bukan berlindung tapi melindungi padi petani dari hama wereng. Sungguh jasa yang diberikan tiada tara. Kini banyak berita yang terus memposisikan Tomcat sebagai terdakwa paling berat. Karena dia, manusia seringkali terserang penyakit kulit. Dimana, kulit melepuh dan rasanya gatal-gatal. Sulit disembuhkan. Penyakit ini diderita karena satu sebab yakni cairan yang dipunyai oleh tomcat keluar dan sampai terkena kulit manusia. Sekarang pun, cairan Tomcat pernah sampai membekas di baju, handuk dan itu bisa menyebar sampai ke kulit manusia.

Semakin waspada dengan keberadaan Tomcat. Namanya yang keren dapat menipu korban. Apalagi kulit yang dimiliki Tomcat. Sungguh indah sebenarnya. Menawan hati, tekstur paduan warna sangat mencolok. Menggoda selera untuk memeliharanya. Tapi, sekali cairan itu keluar dan sampai jatuh ke kulit kita, dalam beberapa kurun waktu kulit akan melepuh. Tomcat adalah serangga pembawa untung dan rugi. Gimana tidak?, meski warna tubuh nan elok, juga menawan hati tapi itu semua sebagai penutup dari segala perilakunya.

Untung memelihara Tomcat, membudidayakan Tomcat. Petani merasakan kehadiran Tomcat membawa keuntungan. Padi sampai tidak terserang penyakit hama wereng. Tomcat menjadi predator hama yang meresahkan petani sampai kini. Hadirnya Tomcat, juga membawa kerugian yakni jika sampai terkena kulit manusia dapat terjangkit kulit melepuh juga gatal-gatal. Dan sementara ini sulit untuk segera disembuhkan. Segala harapan warga pun mulai tinggi. Berharap Tomcat tidak sampai hadir di tempat tinggal mereka. Membuang jauh-jauh keberadaan mereka. Bagi petani datanglah wahai Tomcat, jadikan Padi ku subur sampai di hari Panen raya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *