Tips Hemat penggunaan Kertas

 

Jangan salah dan jangan dianggap sepele dengan yang satu ini. Seberapa banyak kah kita dalam sehari memanfaatkan bahan yang satu ini. Jika sampai menghasilkan sampah kering yang menumpuk, menjadi hal yang tak wajar dan harus diubah sedini mungkin.

Isu pemanasan global, sudah menjadi isu internasional. Yang mengakibatkan lubang ozon semakin melebar akibat pemanasan global atau global warming. Apa yang sebaiknya dilakukan? Dan kenapa harus dilakukan?

Kertas adalah sebuah bahan yang tidak mudah larut dalam air. Kedua produksi kertas juga mengakibatkan beberapa yang tercederi yakni populasi pohon. Apa hubungannya?. Kertas diproduksi dari kayu, sedangkan kayu dari pohon besar yang berada disektar hutan. Dan yang dilakukan adalah sistem penebangan.

Akibatnya hutan gundul, dan mudah mengalami bencana yang dinamakan erosi. Ini harus dijauhi, dan perlu yang namanya penghijauan. Ada juga tip hemat penggunaan kertas, apa saja? Simaka berikut ini:

Pertama, yakni dengan menggunakan kertas tidak sampai melebihi kuota. Atau sampai persediaan kertas habis. Ini akibatnya kita seperti boros terhadap kertas, dan kurang baik bagi proses membantu mengurangi pemanasan global.

Yang kedua, dengan mengganti perangkat. Selain dokumen kita cetak dihalaman pada kertas, kita juga bisa menyimpan dalam perangkat komputer atau menggunakan fasilitas teknologi awan. Dua perangkat ini bisa menggantikan fungsi dari kertas.

Sebaiknya kurangi kebiasaan seperti diatas dengan konsumsi kertas terlalu banyak. Sebaiknya gunakan jumlah kertas yang diperlukan saja. Dan menggalakkan proses penghijauan untuk mengurangi pemanasan global.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *