Artikel berikut datang dari beberapa keluhan para pengguna android yang punya spesifikasi ponsel salah satunya RAM terlalu kecil, waktu main Game HD yang ada putus-putus, sungguh menyebalkan sekali. Hanya satu yang ingin terwujud, meskipun RAM kecil waktu main game yang berkualitas harus lebih cepat, pokoknya tidak menggangu saat bermain.

Bermain biasanya identik dengan anak-anak, padahal yang dewasa juga tidak ketinggalan menikmati serunya main game, apalagi game dengan format HD ( High Definition ), yang mempunyai tingkat strategi, tampilan yang lebih tajam, memanjakan mata para pemain tunggal, tapi ada kendala yang perlu melalu proses penyelesaian, hanya karena RAM kecil jadi tidak bisa main.

Lebih krusial lagi, tidak bisa install di Smartphone Android. Meskipun icon game sudah muncul di beranda smartphone, tapi saat membuka, tidak terbuka juga. Memangnya RAM punya peran penting dalam android sendiri, padahal game tersebut juga sudah compatible. Kalau mencoba menjawab dari pertanyaan tersebut, sebaiknya simak berikut latar belakang RAM.

RAM atau Random Access Memory, merupakan salah satu spare parts yang punya peran dalam menjalankan sistem operasi android, fungsinya untuk menambah kecepatan, performa dari berbagai fungsi dalam android, baik itu menampilkan gambar, sampai membuka game dengan kualitas tinggi, RAM sangat berperan, tidak lupa memory juga punya peran sebagai penyimpan file yang sudah terinstall.

Istilah menambah RAM di android itu tidak bisa. Yang bisa dengan cara lain yakni dengan meningkatkan fungsi RAM dalam android, jadi lebih besar, kemungkinan untuk bermain game HD jadi bisa dilakukan pula. Yakni dengan cara Swap Partition atau Linux Swap. Jadi prosesnya yakni dengan reset ulang, yakni partisi dibagi menjadi beberapa bagian, memanfaatkan file yang tersimpan dalam micro SD lebih optimal.

Hal demikian bisa membantu untuk mengatasi kendala main Game HD di smartphone basis android yang punya spesifikasi RAM kecil. Tidak perlu risau lagi, semua sudah terjawab dan bisa dilakukan dengan segera, selamat menyimak.