Timbul Diferensiasi pada Hari Ibu

Timbul Diferensiasi pada Hari Ibu

Di dalam pertengahan Bulan Desember, terdapat hari yang mulia, bersejarah, dan merupakan penghormatan terhadap seseorang yang kita sayangi dan cintai sebagai seorang anak yang telah dibesarkannya. Tidak adalah seorang Ibu. Ibu yang telah merawat kita, menyayangi kita sepenuh hati dari sejak kecil sampai dewasa ini. Pengabdian yang tidak bisa dengan mudah kita membendung untuk membalas jasa seorang Ibu. Hanya dengan memberikan kasih sayang yang tulus ikhlas, sebagai balasan atas kasih sayang Ibu kepada Kita. Begitu banyak peran ibu kepada seorang anak. Sehingga, patut disegani jika ada sebuah perayaan khusus untuk dia, yakni Hari Ibu.

Secara definitif, memang hari Ibu merupakan moment terpenting, sebuah perayaan terhadap peran seorang ibu atau istri dalam rumah tangga ataupun bisa disebut keluarganya, baik untuk suami, sebagai seorang istri, dan juga anak sebagai seorang ibu. Disitulah peran penting seorang ibu, yang begitu bijaksana dan disertai kasih sayang yang tulus untuk anaknya juga suami tercinta. Biasanya bentuk perayaan hari Ibu atau dalam inggris disebut Mother’s Day, yakni dengan membeebas tugaskan pekerjaan ibu sebagai ibu rumah tangga, seperti memasak, mencuci, merawat anak-anak dan semua yang merupakan kewajiban seorang ibu.

Dan para muda-mudi mempunyai kreasi tersendiri untuk merayakan hari Ibu. Seperti membuat kejutan, hadiah yang semata-mata untuk ibunya. Seperti halnya sebuah kado yang diberikan kepada teman-teman yang ulang tahun. Tetapi, kini berbeda, hadiah tersebut tertuju kepada ibu mereka. Yakni Ibu yang telah merawat dia dari usia belia sampai dewasa. Tak habis rasa sayang ibu kepada anaknya. Sungguh mulia kedudukan ibu di dalam kehidupan keluarga. Hadiah yang disiapkan begitu menarik perhatian, dan tidak dipungkiri ibu pun merasakannya. Hati ibu pun luluh untuk menerima hadiah dari anaknya. Dan sebenarnya ibu hanya menginginkan anaknya yang terbaik. Baik itu dalam perjalanan ibunya, juga menjadi anak yang berbudi pekerti luhur. Mampu menempatkan mana yang baik dan buruk.

Menarik jika menilik penetapan hari Ibu. Terjadinya Diferensiasi dalam melakukan penetapan hari ibu. Mempunyai prespektif tersendiri dari masing-masing Negara. Jadi, disini dikontekskan pada Negara. Dimana di Negara Indonesia, sudah umumnya dirayakan pada tanggal 22 Desember. Tetapi, di luar Indonesia berbeda penetapana hari Ibu tersebut. Di Amerika, dan 72 negara lainnya, Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu pekan kedua bulan Mei. Ini sungguh menakjubkan, ketika menilik hal yang sedemikian rupa. Artinya, dalam penetapan hari, masih ada persepsi yang berbeda pula. Tetapi esensinya sama, yakni merupakan perayaan terhadap peran seorang ibu dalam kehidupan keluarga, bukan kehidupan publik. Nantikan artikel yang membahas tentang Pengaruh Gender terhadap Hari Ibu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *