Temuan Baru : Kamera Dalam Bola

Kata “Bola”, sering identik dengan olahraga seperti Voli, Basket, dan sepak bola tentunya. Untuk hari ini, kita fokus pada sepak bola. Pada pertandingan sepak bola, kita bisa menyaksikan aksi para pemain dengan media televisi. Terbayang tidak, jika kita melihat pertandingan seperti layaknya kita pemain. Seperti kita berada di tengah lapangan hijau, menyaksikan begitu hebatnya idola kita memasukan bola dalam gawang.

Peneliti dari Carnegie Mellon University dan University of Electro-Communications (UEC) di Tokyo, ada temuan kamera dalam bola, yang memungkinkan kita bagi pecinta bola dapat menonton pertandingan sepak bola dengan kamera yang terpasang dalam bola. Kamera tersebut bisa digunakan oleh perusahaan tv.

Dalam kamera telah terpasang software khusus untuk menghasilkan video blur, peneliti pun tengah mengembangkan satu teknologi algoritma komputer yang dapat melakukan proses konversi video mentah menjadi hasil gambar yang stabil dan nyata. Membayangkan saja, seperti kita dalam sebuah pertandingan. Kita ikut bermain disana, dan saat masuk dalam gawang, kita pun seperti salah seorang saksi kemenangan tim idola kita.

Sebuah penemuan yang menghasilkan penonton bola lebih spekta. Karena selain mendapatkan permainan yang bagus. Skor yang menentukan kemenangan. Kita pun seperti dibawa menggelinding dengan bola yang ditendang oleh para pemain yang sedang bertanding disana. Kita berada di tengah lapangan hijau.

Kelebihan selain kita bisa tahu dimana bola itu di umpan, ditendang, dan masuk ke gawang. Kita pula tahu, bagaimana ekspresi para pemain saat membawa bola, menggiring bola. Software yang digunakan oleh tim NASA saat menggabungkan gambar dari planet Mars. Ekspresi wajah seorang pemain saat melakukan tendangan pojok, bebas, menggiring bola sampai pada garis pinalti. Sungguh mengesankan.

Temuan ini memberikan suguhan baru bagi para pecinta bola saat melihat sebuah pertandingan besar seperti sepak bola, namun teknologi ini masih belum disetujui oleh kalangan olahraga. Paling tidak, teknologi ini membantu kita juga sebagai salah satu alternatif untuk pemirsa TV melihat aktivitas para pemain saat berlatih di lapangan hijau bersama pelatih di saat sebelum pertandingan berlangsung maupun sesudahnya. Kita tunggu bagaimana kelanjutan dari teknologi canggih ini. See ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *