Syarat-syarat Menjadi Peserta UKG 2012

UKG atau bisa disebut dengan Uji Kompetensi Guru tahun 2012 kini sedang di adakan. Tujuan pelaksanaan UKG, untuk melihat sekaligus memetakan kompetensi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan profesi secara berkelanjutan. Dan juga sebagai penilaian kinerja guru.

Syarat menjadi peserta UKG diantaranya seluruh guru baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum sertifikasi pendidik. Pada prinsipnya peserta yang mengikuti Uji Kompetensi guru adalah semua guru PNS maupun yang bukan PNS, yang mengajar di sekolah Negeri maupun Swasta.

Syarat menjadi peserta UKG sudah di jelaskan di atas. Bahkan secara nasional, peserta UKG tahun 2012. Pertama dari PNS, berjumlah secara keseluruhan 798.556. dan untuk GTT berjumlah 216.531. Cukup banyak yang akan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun Ini.

Dan pemetaan disini dapat dimaksudkan untuk melihat kompetensi masing-masing guru, sejauh mana kompetensi masing-masing guru dalam penguasaan materi yang akan di ajarkan. Meskipun sudah pernah melakukan proses belajar mengajar sebelum UKG di adakan.

Sebagaimana syarat yang telah di tentukan bagi peserta yang bisa mengikuti UKG tahun ini. Pertama, sudah memiliki sertifikat pendidik tahun 2007 sampai 2011. Kedua, di tahun 2012 bukan tahun pension calon peserta. Dan ketiga, sedang aktif menjadi guru.

Yang ketiga ini, artinya guru tersebut sudah menjalani proses belajar-mengajar dan berlangsung sampai UKG di laksanakan. Semoga sedikit penjelasan ini bisa membantu dalam proses UKG tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *