SNMPTN Bukan Akhir Segalanya

SNMPTN Bukan Akhir Segalanya

SNMPTN merupakan uji tes yang diadakan ole Pemerintah Daerah untuk mempermudah melakukan seleksi menjadi mahasiswa yang mempunyai kualitas yang terbaik. setiap orang mempunyai peluang untuk mengikuti tes tersebut. jika ingin masukkampus negeri maka, SNMPTN menjadi salah satu jalan dan bukan satu-satunya jalan untuk bisa masuk ke kampus favourite. Kampus yang memiliki akreditasi yang cukup baik untuk mendidik mahasiswa lebih berkualitas. Dan untuk bisa lolos di SNMPTN, wajib bagi peserta tes mempunyai kegigihan dalam belajar. karena modal utama keberhasilan yakni usaha untuk meraih keberhasilan tersebut. Dan belajar lah menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan.

SNMPTN belum tentu meluluskan semua peserta yang ikut uji tes. Hanya beberapa yang diluluskan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing peserta sehingga proses seleksi sangat ketat. Jumlah yang dibutuhkan sangat sedikit sesuai dengan jumlah kuota murid dari setiap kampus negeri atau universitas negeri. Sehingga persaingat yang cukup sengit tetapi sehat ditampakkan dari proses berjalannya tes tersebut. SNMPTN bukan akhir dari segalanya. jika tidak lulus ujian SNMPTN, bukan berarti tidak menutup kemungkinan peluang untuk mendapatkan kursi di universitas negeri tertutup. Masih terbuka cukup lebar dengan proses SPMB.

Dimana SPMB diadakan di masing-masing kampus baik negeri maupun swasta. SPMB diadakan karena masing-msing kampus msih belum memenuhi kuota murid yang disediakan. Sehingga Kampus mengadakan SPMB, dan jaannya proses SPMB hampir sama dengan SNMPTN, tetapi yang menjadikan berbeda yang mengkoordinasi, yang menyelenggarakan. Dimana, pemerintah tidak melakukan intervensi penuh terhadap pelaksanaan SPMB, dan yang mempunyai kuasa penuh adalah masin-masing kampus yang mengadakan SPMB. Dan SPMB diadakan oleh kampus negeri sebab masih ada kursi kosong yang tersisa bagi mahasiswa yang berminat. Jadi, SNMPTN bukan akhir segalanya, masih ada ruas yang bisa dilampaui untuk meraih kesuksesan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *