Raya Nan Fitri

Raya Nan Fitri

Penuh dengan harapan yang utuh ketika hari special yang kita nanti telah tiba. Membuat hati gembira, sorak sorai suasana semakin lama semakin harmonis. Ikatan batin antar manusia semakin erat ketika raya pun tiba. Hari raya idul fitri merupakan hari yang bahagia. Hari yang suci membawakan keberkahan tersendiri. Memberikan ruang untuk menentukan kemana kita akn beranjak. Kebaikan atau sebaliknya pada keburukan. Tetapi, idul fitri selalu menghantarkan kita pada hal kebaikan. Kembali ke fitri, kembali kepada kesucian selayaknya kita masih bayi demikian pepatah mengatakan.

Raya berganti hari membuat hati semakin sedih. Rasa kekerabatan yang terjalin hanya dalam bebearapa hari, kelak akan selamanya sama. Tidak ada masalah diantar umat manusia. Memang manusia dalam roda kehidupan tidak pernah jauh dari masalah. Baik masalah antar manusia, juga masalah akan kerohaniannya. Dengan menunjukkan diri bahwa kita adalah umat yang beradab. Umat yang mampu menselaraskan diri antar sesame, untuk saling menunjukkan bahwasannya setiap masalah ada jalan keluar, tidak dengan benturan fisik sebagai ucap penyelesaiannya. Semua pasti terselesaikan tanpa adanya pertikaian.

Disanalah berkah fitri sangat berarti. Ikatan kekerabatan meski telah lama terputus, kan bersemi kembali kembali lebih indah, erat tali persaudaraan. Tidak kali menghiraukan hawa nafsu yang membawa daya emosional yang benar tampak buruk dalam setiap penilaian. Jejak hidup yang tercoreng akan angkara murka sikap yang ditampakkan oleh sanak kerabatnya. Fitri kembali putih suci, tanpa adalah kesalahan yang telah diperbuat dengan kata maaf, semua semakin terlihat sisi kebaikan masing-masing umat manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *