Perbandingan Gempa Banda Aceh 2004 dan 2012

Perbandingan Gempa Banda Aceh 2004 dan 2012

11 April 2012, mengingatkan kembali kita pada peristiwa Gempa bumi di tanah Banda Aceh. Kota yang pernah di landa Tsunami pada tahun 2004. Kini di hantui kembali dengan datangnya Gempa, yang memicu akan terjadi Tsunami kembali. Warga berusaha menyelamatkan diri, dari getaran juga informasi yang di datangkan dari BMKG, pasca gempa terjadi.

Gempa pada tahun 2004 mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada gempa pada tahun ini. Tahun 2012 kekuatan gempa berkisar 8.5 SR, sedangkan pada 2004 berkisar 9.3 SR. muncul perbandingan, yang memicu adanya gelombang Tsunami menerjang, ketika kekuatan berkisar sama dengan tahun 2004. Tetapi, kekuatan gempa hampir sama, beda 1.0 SR.

Meski tidak memicu adanya gelombang Tsunami, tetapi dalam peristiwa tersebut menelan beberapa cacah jiwa. Berkisar 10 yang meninggal dan lainnya mengalami luka-luka akibat reruntuhan bangunan efek gempa yang melanda Banda Aceh. Hingga keseluruhan Pulau Sumatera merasakan hadirnya gempa tersebut, bukan saja di Banda Aceh.

Bergulirnya waktu, Gempa Aceh di nilai oleh BMKG, tidak memicu akan datangnya Tsunami. Meskipun Gempa terjadi susulan, tidak cukup sekali. Membuat warga berargumentasi bahwa gempa kali ini akan membawa gelombang Tsunami dari tengah laut. Karena sebagian korban Gempa kali ini, pernah pada 2004 melawan bencana Tsunami, sehingga sebagian keluarganya meninggal akibat bencana tersebut. Sehingga pernah merasakan seberapa besar gempa yang telah terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *