Pentingnya Mempunyai Target Market

Pentingnya Mempunyai Target Market

Terdengar cukup menggiurkan, menjajakan produk yang kita jual sebanyak-banyaknya kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Terjadi meningkatnya jumlah penjualan kita setiap harinya. Padahal lebih menguntungkan lagi ketika kita mempunyai target market. Apa pentingnya mempunyai target market. Menjual produk yang lebih spesifik kepada target market memang terbilang menguntungkan. Paling utama dalam menyusun setiap langkah promosi. Maka dari itu, penjual harus bisa menentukan target market mereka.

Ada sedikit alasan, mengapa penjual harus bisa menentukan target market atau menemukan calon pembeli yang tepat. Sebagaimana yang perlu kita ketahui bersama, penjual sudah harus mempunyai dua hal yang harus difikirkan, tertanam dalam setiap strategi penjualan yaitu cara menarik perhatian pelanggan dan cara menjual produk kepada pelanggan. timbul sebuah penilaian bahwa profil target market bisa membantu seller atau penjual dalam melaksanakan dua agenda tersebut.

Dua agenda diantaranya yang telah di sebutkan pada paragraf kedua, yakni bagaimana cara menarik perhatian pelanggan dan cara menjual produk kepada pelanggan. kita akan membahas point yang pertama yaitu cara menarik perhatian pelanggan. secara tidak kita sadari, bahwa produk yang kita jual ada di tengah masyarakat, memiliki sebuah keinginan untuk mengetahui lebih jauh tentang produk kita. Akhirnya seller pun memutuskan membuat sebuah situs toko online dan kanal lainnya. Contoh langkah yang disebutkan tadi merupakan langkah praktis melalui strategi penggunaan sosial media, menemukan merek yang tepat dan menjual,  serta memaksimalkan pencarian di google dengan SEO ( Search Engine Optimization ).

Dengan profil target market, kita bisa lebih mudah untuk memasarkan produk kita dengan mudahnya kita mencari lokasi yang paling banyak di kunjungi oleh target market seperti Facebook, Twitter, yang baru-baru ini ada Instagram. ada pula strategi terbaik bagi seller untuk memasarkan produknya kepada calon pembeli dengan menawarkan dan promosikan produk kita kepada target market. Mulai dari gaya bahasa yang digunakan sebagai poin utama untuk dijadikan keunggulan dari salah satu produk kita.

Misalkan, seorang penjual kereta dorong bayi, target market kita dalah ibu-ibu hamil calon punya anak, dan ibu yang sudah mempunyai bayi berumur 2 – 4 tahun. Dari profil target market kita, seller bisa memilih marketplace seperti toko online kita. Percantik toko online kita dengan tampilan lebih menarik. Selanjutnya, lengkapi profil seller dari a bout me, dan proses jual beli secara online maupun offline jika ada pelayanan hal demikian. Setelah itu, perkenalkan produk anda dengan gaya bahasa anda seperti berbicara empat mata bersama salah seorang ibu atau di salah satu acara arisan baik formal maupun informal yang bisa menjelaskan secara detail produk kita. Tentunya pembeli juga memahaminya.

Secara tidak langsung kita sudah menjabarkan poin ke dua yaitu cara menjual produk kepada pelanggan. setelah kita deskripsikan produk kita kepada calon pembeli. Selanjutnya berikan kemudahan bagi mereka dalam proses pembayaran. Cara pembayaran secara praktis maupun via online maupun offline. Semua dijabarkan di bagian a bout me pada situs toko online anda. Dan bisa menyebarkan profil kita beserta produk kita di media sosial sepeti facebook, twitter, maupun mindtalk.

Bagaimana, setelah menjelaskan secara detail pentingnya kita mempunyai target market. Kita tidak sampai kebingungan kepada siapa kita menjual produk kita. Ketika kita menyusun langkah strategis, kita akan mendapatkan kunjungan setiap hari di toko online kita karena mempunyai sebuah prinsip bahwa pembeli akan selalu mengunjungi kita karena kita bisa memahami apa kebutuhan mereka, dan memahami siapa pelanggan yang setia hadir setiap hari untuk melihat produk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *