Kali ini sedikit membahas tentang tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Eceng gondok yang dikenal sebagai hama ataupun gulma ini sangat meresahkan warga. Tapi, bagaimana keresahan warga menjadi keuntungan secara tiba-tiba. Disini akan membahas tentang pengolahan eceng gondok yang bisa menjadi sebuah kerajian dengan harga yang cukup tinggi. Dan menambah kreatifitas kita, terutama sumber daya manusia.

Pemanfaatan barang yang meresahkan seperti hama bukan hal biasa. Tetapi, sudah terbilang luar biasa. Sebagaimana kita terus berusaha untuk melakukan pemberatasan terhadap gulma, hama. Untuk tidak mendapatkan kerugian akibat mereka. Seperti eceng gondok yang mudah sekali tumbuh di daerah waduk. Dan itu dapat menyumbat saluran air warga. Hal itu yang sangat tidak di inginkan tapi tetap saja terjadi.

Akhirnya ide mengolah eceng gondok menjadi barang yang berguna dan bermanfaat secara berangsur-angsur tumbuh dan mulai banyak peminat. Dengan banyak peminat, maka secara tidak langsung populasi eceng gondok pun makin berkuang. Dan saluran air kembali dalam kondisi sehat. Kerajinan tangan indonesia, seperti eceng gondok menjadi hal yang berharga melihat kreatifitas seseorang ternyata mengalami sebuah perkembangan.

Kerajinan dari eceng gondok, apa saja yang bisa dihasilkan. Kita bisa membuat dengan bahan eceng gondok, sebuah tas yang unik. Tas berbahan eceng gondok terlihat bagus, dan disukai oleh orang-orang yang hobi sekali koleksi tas. Tas disini ada banyak macam bentuknya, sesuai selera kita daan selera pasar tentunya.

Proses pembuatan tas dengan eceng gondok ialahh sebagai berikut. Pada bagian eceng gondok yang bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan adalah bagian batangnya. Kita potong batang dari akar dan daunnya. Setelah itu dikeringkan dengan suhu panas yang tinggi. Sehingga mendapatkaan hasil yang benar-benar kering. Setelah dikeringkan, baru kitaa mulai dengan proses anyaman. Anyaman disesuaikan dengan cetaka n dan design tas yang akan dibuat.

Setelah proses pengayaman, kita tinggal merapikan anyaman kita. Sampai mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu diperhatikan, bahwa batang eceng gondok bisa mengalami proses penyusutan saat dikeringkan hingga mencapai 90%. Batang eceng gondok 100kg menyusut sampai 10 kg. Tetapi, kita bisa membuat hasil kerajinan yang maksimal dengan bahan eceng gondok. Jadi selamat mencoba.

Baca Juga :

Manfaat Pelepah Pisang Dari Tradisional sampai Modern

Model Tas Bahan Eceng Gondok