Mesin Futata Karya Cipta Alumnus ITS

Alumnus ITS menciptakan mesin pemanen padi yang diberi nama Futata.Dahlan Iskan menaruh perhatian terhadap mesin terebut terkait program BUMN proberas tahun ini

by:

HiburanMiscellaneous

Surabaya- mesin futata, mesin pemanen panen yang sekian lama ditunggu para petani khusunya di negara Indonesia. Mesin tersebut ternyata diproduksi oleh alumnus ITS angkatan 1971 bernama Sutrisno Basuki. Mesin futata tidak kalah dengan mesin produksi dari Tiongkok atau Jepang. Mesin Futata hanya cocok untuk sawah dan budaya petani Indonesia. Mesin futata bisa digunakan menjadi 2 fungi pertama sebagai pemanen padi. Kedua, sebagai alat pembajak sawah. Mesin ini disebut juga mesin 2 in 1. Dwifungsi dalam satu mesin.

Mesin pemanen padi yang dinamai futata,permudah petani panen padi.lebih cepat dan efisien. Hasil yang didapat maksimal. Dengan mesin panen ini kehilangan gabah berkisar 12%.  Nilai kehilangan gabah bila dikumpulkan dapat membeli satu unit, ujar Dahlan. Mesin pemanen padi, mempunyai bobot yang cukup berat, sulit petani untuk pulang pergi mesin dari rumah ke sawah. Tapi, mesin futata di design dengan cukup mudah, dibawah mesin diberi roda untuk permudah mesin dibawa kesawah. Sesampai di sawah, roda bisa diganti dengan rantai untuk menjalankan proses panen.

Dahlan Iskan selaku menteri negara BUMN menaruh perhatian pada mesin pemanen padi ITS. Dirasa BUMN memerlukan mesin semacam ini, karena program proberas BUMN sudah mulai tahun ini. Mesin ini hanya bisa digunakan di sawah Indonesia. Menyesuaikan struktur padi yang ditanam di lahan sawah Indonesia. Mesin ini dapat memanen padi lebih efisien, efektif, dan cepat. Sudah tidak butuh waktu lama proses panen padi.

Mulai bulan Juni, kami bisa produksi mesin Futata 50 buah/bulan. Selanjutnya ditingkatkan menjadi 100buah/bulan, ujar Alumnus ITS angkatan 1971 produsen mesin futata. Target yang dapat memberikan sumbangsih terhadap memperlancar program pro beras BUMN. Karena, dapat mempercepat proses panen dan mendapatkan hasil yang maksimal. Dahlan iskan, melakukan sidak di kabupaten Gresik, mesin futata sudah menjadi sebanyak 2 buah untuk kali ini.

 

19 Replies to “Mesin Futata Karya Cipta Alumnus ITS”

  1. suripto says:

    Saya tertarik dengan mesin panen futata
    Tolong info contak person bagian pemasarannya
    Saya punya rencana membeli mesin tersebut
    Tksh infonya

  2. supriadi says:

    bgmn cara kerjanya? atau adakah videonya krn sy tertarik untuk memesannya, tlg dibls di email sy

  3. subandi says:

    Kapan dipasarkan ? Harga perkiraan berapa?

  4. imron says:

    dimana bisa beli

  5. petani internetan says:

    cinta produk indonesia. ditunggu gambarnya futata. sekalian harganya juga. makin maju nih indonesia, gak repot2 bawa truk masuk ke kampung kaya paddy harvester bikinan china yg segede gajah, bikin jalan yg sudah rusak makin parah saja. hidup BANG FUTATA hidup indonesia.

  6. ALI PURNOMO says:

    saya tertarik dengan mesin ini, tolong kirim alamat dan cara pemesanannya, kalo bisa cepat, dan tlg kirim ke email saya, trima kasih

  7. MUJIONO says:

    Saya sangat tertarik sekali tolong ifonya segera karena sudah ngebet sekali dengan produk anak bangsa yang kita banggakan ini dan alamat yang jelas.

  8. aschab says:

    Hebat, ini yang dibutuhkan petani kita,karya anak bangsa membanggakan dan bermanfaat nyata. tolong kirim contact person, bisa d beli d mana,harga berapa,dan kalau ada video cara kerjanya. terimakasih

  9. Dwi Cahyono says:

    Salam,

    Mohon kami bisa diberikan penawaran harganya, bisa diberikan spesifikasi produknya serta bagaimana dengan jaminan sukucadangnya.

    Terimakasih

  10. Khamim asy'ari says:

    Karya cipta anak bangsa yang sadar akan salahsatu aset dan potensi terbesar Indonesia. Pertanian padi.
    Kami ingin sekali membeli mesin futata ini. Ingin lebih jelas bagaimana spec dan harganya. Mohon informasi lengkapnya. Terimakasih.

  11. Haryono says:

    dimana kantor penjualan dan kontak person produksi mesin futata minta lotong di email. trim

  12. dwi arbain says:

    saya tertarik dg mesin ini, tolong beri tahu bagaimana cara mendapatkannya n berapa harganya serta juga no. tlp yang bisa dihubungi. sebelumnya saya ucapakan terima ksih

  13. tamsil muis says:

    saya tertarik ingin beli: berapa harga? dimana alamat? tks.

  14. IMRAN says:

    saya berniat membelinya. Bisa dapatkan alamat dan kontak personnya.

  15. lukman says:

    saya ingin beli,bisa kirim almat lengkap dan kontak personnya

  16. SUGIYO says:

    Saya percaya sama PAK DAHLAN.
    Mohon dikirimi harga dan spesifikasinya. kami sangat membutuh alat itu, Trima kasih.

  17. I Wayan Joko Hartawa says:

    mohon dapat di kirim spesifikasinya, harga, dan alamatnya saya berninat untuk membelinya

  18. ahamad says:

    pemakaian power threser yg sy lihat gambar diatas, sangat menyulitkan pengolahan krn ampas jerami yg tertahan akan menimbulkan pekerjaan 2 kali, brarti desai perontok padi tersebut tdk sempurna, akan lebih 10 persen biji padi yang terbuang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *