Manfaat Pelepah Pisang Dari Tradisional sampai Modern

Manfaat Pelepah Pisang Dari Tradisional sampai Modern

Pelepah Pisang ( Gebok ) ternyata memiliki manfaat yang cukup kreatif. Kini terbagi menjadi dua pemanfaatan, yakni secara tradisional dan secara modern. Tradisional, seringkali dijumpai di dunia pewayangan, dimana pelepah pisang di gunakan untuk menancapkan wayang saat pertunjukan.

Secara modern, lebih digunakan sebagai property, atau alat untuk membuat sebuah lukisan indah nan fenomenal. Jangan salah, pelepah pisang tidak dapat difungsikan kembali.

Secara umum, medengar pohon pisang. Yang paling menggairahkan adalah buahnya yang manis. Untuk ontong seringkali dibuat sup, menjadi wisata kuliner yang lengkap. Dengan racikan bumbu yang pas, menghasilkan maskana yang luar biasa.

Selain pelepah pisang, dapat juga daun sebagai pembungkus ikan. Seperti ikan kukus, dengan menggunakan daun pisang bumbu dan ikan menyatu menghasilkan aroma yang sedap. Dan disantap dengan enak sekali.

Untuk tradisional, cara membuat pelepah pisang menjadi alat yang digunakan dalam pertunjukan wayang. Itu sudah umu, dan sudah digunakan di masa lalu. Dalam perjuangan para ulama dalam menyebarkan islam, seringkali menggunakan media wayang.

Dalam property mereka sudah memahami, dan akhirnya menjadi warisan turun temurun yang tidak mudah dilupakan. Semoga para pemuda pun menjadi generasi selanjutnya dalam membudidayakan pelepah pisang sebagai pelengkap media wayang.

Untuk yang modern, bisa dugunakan sebagai alat pembuat lukisan. Ternyata lukisan tidak selalu menggunakan kuas, tetapi pelepah pisang pun bisa digantikannya. Begini, caranya pertama pelepah pisang yang sudah kering dipohon siap untuk dipanen.

Kemudian, pelepah pisang kering itu dicuci dan direndam dengan kamper yang dicairkan dengan minyak tanah selama 1-2 jam. Setelah ditiriskan, pelepah pisang dipotong-potong dan siap untuk diaplikasikan di atas triplek yang telah dibuat pola dan dibubuhi dengan lem.

Lukisan yang sudah jadi tersebut tinggal diberi pigura. “Kamper dan minyak tanah fungsinya untuk mengawetkan pelepah pisang dan membuang kuman yang melekat,” kata Budi (Tnol.co.id)

Pelepah pisang kini mampu menghasilkan pendapatan lebih dari biasanya. Dengan menjadikan sebagai property dalam pembuatan lukisan, selain mendapatkan hasil yang menarik juga dalam proses jual beli, lukisan pelepah pisang mendapatkan harga cukup tinggi.

Kisaran Rp. 100.000 sampai 4 juta. Disini dituntut lebih kreatif terutama dalam hal lukis melukis. Yang biasanya melukis dengan kuas, kini pelepah pisang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti kuas. Pelepah, atau gebok ternyata selain bisa digunakan sebagai wisata kuliner, juga bisa digunakan kerajinan tangan. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *