Krisis Menuai Kreatif

Krisis Menuai Kreatif

Masa krisis seringkali menggejala, dan tidak sesuai harapan setiap orang. Datangnya pun tiba-tiba, bisa keluar dari prediksi manusia. Tetapi, dapat dicegah dengan tangan kita.maksimalkan daya kreatifitas, dapat mengatasi krisis yang menggejala.

Memang, krisis dapat menuai kreatifitas kita secara langsung. Tentu fungsi yang didapat, dapat minimalisis gejala krisis yang berlangsung.

Menurut Qamaruddin Hidayat, krisis itu vitamin dan pemicu untuk maju. Krisis bagian integral dari perjalanan seseorang dan bangsa. Biasanya seseorang tertantang untuk bangkit menjawab hambaran dan himpitan hidup yang menghadang.

Hanya karena krisis, maka sebuah bangsa dipaksa berpikir mencari terobosan dan menciptakan inovasi serta alternative baru untuk membangun masa depan yang lebih baik. Berbagai terobosan itu muncul biasanya ketika ada krisis yang memaksa manusia untuk mencari solusi.

Apalagi pergantian tahun, sebelumnya kita pun selalu mencoba hadir di garda terdepan. Sebagai advokasi, pencetus solusi atas segala permasalahan pada tahun sebelumnya. Mengharapkan perubahan yang drastis pada tahun selanjutnya.

Tentu menuntut inovasi dibarengi dengan kondisi realitas. Kondisi memang menjadi factor pendukung, inovasi dapat berjalan lancer. Dan tentu sikap optimis menjadi barang yang mahal, karena setiap orang takut dilanda merugi. Dalam membuat terobosan, tentu sudah siapkan diri dan memahami bahwa setiap perjalanan ada keberhasilan juga kegagalan. Nah, jadikan kegagalan sebagai pembelajaran untuk meraih kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *