Karya Cipta Anak ITS, Mobil Hemat Ala Antasena

Terjadi Polemik naik tidaknya harga BBM ( Bahan Bakar Minyak ), menjadi inspirasi bagi ITS ( Institut Teknologi Sepuluh November ). Di kampus tersebut, kini sedang menyelesaikan buah karya rancangan Antasena. Sebuah mobil hemat energi, termasuk ketergantungan masyarakat terhadap sumber energi fosil. Mobil konsep ini dirintis untuk mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen masa depan.

Konsep mobil ini diambil dari cerita wayang Antasena yang diharapkan dapat mengurangi pencemaran udara. Limbah buangnya seperti air penyejuk udara sehingga tidak mengotori lingkungan,” Ujar Sutarsis, dosen ITS sekaligus pembimbing proyek Antasena.

Mobil ini telah digagas selama satu tahun, memakai peralatan berteknologi Fuel Cell yang mampu mengolah hidrogen menjadi sumber energi untuk menggerakkan kendaraan.Menurut Sutarsis, alat ini berfungsi mengubah hidrogen menjadi energi listrik itu akan di datangkan dari Swiss.” Namun akan dimodifikasi untuk dicangkokkan pada mobil,”Ujarnya Dosen ITS ini.

Yang lebih bagus dari kendaran ini, dirancang sebagai mobil super irit dengan target konsumsi hidrogen setara dengan 2.000 kilometer per liter bensin. Seehingga konsumsi bahan bakar minyak dalam sehari pun dapat mengalami penurunan drastis, ketika memaksimalkan pemakaian mobil Antasena buah karya anak-anak ITS. Semoga hadirnya kendaraan ini, dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap BBM yang kadangkala naik kadangkala tidak, semakin tidak jelas dan semakin membuat konsumen kebingungan.

Baca Juga Artikel Berikut:

Mesin Futata Karya Cipta Alumnus ITS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *