Bayangkan hanya membutuhkan waktu singkat perjalanan antar kota, dari Jakarta ke Surabaya hanya menghabiskan waktu selama 30 menit saja. Cuma 30 menit sudah membawa kita ke dua kota yang bila kita tempuh menggunakan jalur darat baik menggunakan transportasi umum maupun pribadi membutuhkan waktu hingga berhari-hari. Apalagi belum kemacetan yang harus kita lewati, perjalanan antar kota menjadi semakin lama.

Ada sebuah penemuan yang berkaitan dengan transportasi massal, transportasi yang bisa membawa orang lebih dari satu atau dua atau bisa lebih sesuai kuota dalam setiap ruangan. Bentuk menyerupai kapsul, laju kecepatan mencapai 1.220 km/jam. Bayangkan saja, jika penemuan ini benar terealisasikan. Transportasi massal super cepat ini diberi nama Hyperloop. Anti macet, anti tabrakan, dan hemat energi, sebuah ungkapan yang bisa kita gambarkan tentang transportasi ini.

Tanggal 13 agustus 2013, seorang pendiri pembayaran online paypal, produsen mobil listrik Tesla, dan pelopor transportasi angkasa swasta pertama di dunia, SpaceX memberikan presentasi seputar angkutan supercepat di California. Hyperloop nama angkutan yang diberikan oleh Musk. Dirinya (Musk), menjanjikan Hyperloop bisa mengangkut penumpang dalam ruang berbentuk kapsul dengan laju kecepatan dua kali daripada pesawat dan bisa dikatakan mendekati kecepatan supersonik.

Hyperloop diyakini juga bisa menjadi terobosan, temuan yang solutif, serta transportasi modern yang menggabungkan teknologi mobil, pesawat, kereta api bahkan kapal. Dalam prototype yang dibuat Musk, Hyperloop mempunyai bentuk fisik seperti tabung vakum besar yang bisa dipasang di atas tanah, atau juga bisa dipasang bawah tanah dan dikombinasikan dengan sistem levitasi magnetis, artinya tidak akan kena gesekan, tidak ada hambatan angin bahkan tidak ada kesempatan tabrakan.

Transportasi ini menjanjikan menggunakan energi yang rendah dan kemampuan mendapat tenaga dari matahari. Angkutan super cepat dan super lengkap, jika benar terealisasikan akan memberikan manfaat lebih bagi manusia yang suka travelling atau mendapatkan tugas ke luar kota. Kita tidak sampai terlambat waktu, karena hanya membutuhkan waktu cukup singkat untuk membawa kita tempat tujuan.

Seperti jakarta surabaya, hanya ditempuh 30 menit. Kedua, anti kemacetan yang sering menjadi problematika angkutan lain secara umum, sehingga perjalanan anda akan lebih nyaman. Ketiga, tidak membutuhkan banyak energi karena Hyperloop menggunakan energi tenaga matahari. Jadi angkutan hemat energi, bisa membawa penumpang secara massal, dan anti tabrakan juga. Inilah transportasi super cepat yang sekarang memasuki era modern. Semoga terealisasikan penemuan ini.