Kapasitas memory internal suatu ponsel basis android smartphone, normal 2 – 4GB. Jumlah yang cukup banyak bukan, realitasnya bisa install berbagai macam game dan media chat serta media sosial yang kini makin terkenal, yang mana masing-masing file mempunyai kapasitas data yang berbeda-beda. Ada beberapa yang mencapai 1 GB, artinya butuh ruang memory internal cukup besar.

Kalau memory internal hanya berkisar 2 GB, yang 1 GB sudah digunakan. Maka sisanya, hanya bisa digunakan di bawah 1 GB, bukan begitu. Yang ada, kalian jadi hitung-hitungan kapasitas data yang hendak di install pada smartphone. Kalau terlalu besar, makan banyak ruang. Padahal masih ada beberapa aplikasi utama yang harus di pasang, jika tidak maka tidak bisa menggunakannya.

Begini, beberapa aplikasi utama yang sering tampil bagian depan, ada BBM ( Blackberry Messanger ), Whatsapp, COC ( Clash of Clan ) yang sekarang menjadi game favorit melihat banyak yang online ternyata lagi sibuk main itu. Jangan lupa, nomor kontak yang biasa di hubungi, kalau hilang yang ada jadi rumit. Mau telepon, tidak tahu nomernya padahal butuh sekali.

Belum lagi, kalau aplikasi butuh update. Yang sebelumnya hanya bekisar 200 MB, bisa berubah banyak menjadi 300 MB, artinya butuh ruang memory internal yang cukup besar bukan. Daripada pusing, coba simak beberapa cara untuk meningkatkan memory internal sampai 16 GB di android, biar bisa install game favorit, jadi lebih mudah, tidak memikirkan berapa kapasitas memory sekarang yang masih ada, setelah install aplikasi yang lumayan besar sekali.

Memory Internal 16 GB, bisa digunakan ketika install game dengan kapasitas memory 10 GB. Dengan demikian, permainan itu masuk dalam kategori game HD. Tampilan memukau, dan startegy permainan juga menantang. Aplikasi chatting, harus yang kapasitas data berkisar 12 GB. Kalau boleh tahu, ada atau tidak untuk sekarang. Masih belum melihat, untuk itu 16 GB untuk apa.

Jika ingin meningkatkan, tentu di sekitar juga ikut mendukung. Dari game sampai media sosial, media chatting, masing-masing punya kapasitas data lebih dari 10 GB. Kalau masih di bawah 4 GB, tidak butuh yang 16 GB karena terlalu banyak. Untuk itu saran gunakan memory external, jika ingin menambah kapasitas data, untuk apa. Supaya kinerja android masih dalam kondisi stabil, kalau berat. Waktu main game juga terganggu, sering putus-putus, tampilan yang ada kita terganggu.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan memory internal pada ponsel basis android, yang sudah ingin sekali install ribuan game yang tersedia dalam satu smartphone. semuanya di pasang, terus kapan memainkannya, main juga butuh waktu lama. Satu game sudah finish, permainan lainnya masih belum, padahal masih ada beberapa game yang harus di selesaikan, jadi tidak seru tambah rumit. Ingin menambah memory internal, cukup satu saja tambahkan memory external tapi juga jangan kapasitas besar, secukupnya saja.