Cara Belanja lebih Aman dengan Media Online

Mengapa saya beri judul, cara belanja lebih aman dengan Media Online. Salah satunya melihat berbagai bentuk penipuan sedang marak terjadi di dunia online. Dan itu sangat merugikan bagi calon pembeli atau yang sudah terlanjur membeli produk dengan membayar uang secara online. Belanja lebih Aman, bukan sekedar aman. Aman hanya memberikan pada substansi belanja. Keamanan tentu terjamin, karena merupakan bagian dari pelayanan dalam proses jual beli.

Kali ini belanja lebih aman, artinya sikap waspada terhadap bentuk kejahatan terkait media online. Modus penipuan sudah menjadi berita sehari-hari. Dan setidaknya kita pun ingin sekali menghindarinya agar kita tidak sampai tertipu dengan barang yang akan kita beli. Untuk itu, mari kita saling berbagi cara efektif dan efisien, mudah dilakukan tapi sulit dipraktekkan. Karena butuh keuletan dan kemampuan yang setara ketika kita berhadapan di dunia Maya.

Pertama, yang harus kita lakukan adalah waspadai yang namanya Diskon, Promo, Potongan harga dan lainnya. Semua itu adalah strategi penjualan, dan memang wajar dilakukan. Untuk menarik para calon pembeli, tapi kita mesti waspada juga dan jangan mengganggap biasa-biasa saja. Ketika memberikan penawaran kepada kita. Dalam hal ini barang yang hendak kita beli, dan kita mendapatkan link yang di kirim ke email kita. Kita waspadai link yang kita terima, karena yang ada link tersebut palsu dan dapat menginfeksi computer kita dan itu bukan yang kita inginkan.

Keinginan awal kita mempunyai barang tersebut dan membawa pulang. Tapi jika hanya berupa link, dan ternyata link tersebut mengakibatkan computer kita rusak. Apa boleh buat, kita dirugikan dua kali lipat. Selain barang tidak dapat dibeli, computer pun terancam rusak karena infeksi virus. Sebaiknya, kita mengecek dulu dengan menelepon pelanggan dalam sebuah site yang kita kunjungi. Memastikan link tersebut benar, atau secara langsung bagaimana proses jual beli secara sehat dan barang tersebut bisa segera dikirim kepada kita untuk bisa kita beli.

Kedua, melakukan cek pembayaran. Laman yang kita isi lengkap dan kita melakukan pembayaran pihak ketiga melalui kartu kredit. Sebaiknya dicek ulang laman yang telah anda isi lengkap atau sebelum mengisi data pribadi anda ke dalam laman tersebut. Dengan begitu anda terhindar dari aksi penyalahgunaan data pribadi anda untuk hal-hal yang tidak sesuai keinginan kita.

Yang terakhir adalah install software atau perangkat lunak yang dipasang dalam computer ataupun laptop kita. Ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan kita dalam melakukan kegiatan belanja online. Dan menajim anda masuk dalam laman lebih aman sebelum mengkliknya.

Benar, belanja dengan media online mudah dilakukan dan banyak barang-barang yang diperjual belikan. Istilahnya lebih lengkap, tapi lebih lengkap lagi jika kita waspadai dengan aksi kejathatan dimedia online. Apalagi saat kita melakukan proses jual beli atau hobi belanja kita. Semoga bermanfaat untuk topic kali ini, dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *