Memory card phone mempunyai fungsi lebih sebagai seorang pengguna gadget. Yang mana dapat menyimpan beberapa data penting berbagai jenis seperti video, foto maupun file lainnya dengan format yang berbeda pula. Memory card yang seringkali disebut dengan Micro SD yang mana tidak lagi terdeteksi, handphone tidak bisa membaca. Bila demikian yang terjadi, maka kondisinya sedang dalam keadaan rusak. Bisa juga ada faktor lain yang menjadi penyebabnya.

Salah satunya, memory card terlalu banyak data yang tersimpan. Terkadang smartphone tidak mampu membaca satu per satu data yang sedang ingin anda buka, misalkan foto yang itu menurut anda penting karena merupakan foto dokumentasi untuk laporan yang tidak ingin sampai hilang, maupun dalam keadaan rusak, tidak bisa membuka foto tersebut. Sebaiknya, lakukan cara berikut yakni hanya dengan menghapus beberapa file yang tidak anda perlukan, untuk saat ini.

Selanjutnya, jika memory card phone di diagnose bahwa benar sedang mengalami kerusakan. Apakah sebaiknya untuk mengganti micro sd yang baru. Yang rusak biarkan saja, padahal di dalamnya terdapat data penting anda. Alangkah baiknya, bila anda mengatasi untuk bisa kembali normal. Memory card bisa kembali mudah terbaca seperti biasa. Berikut artikel ini akan membahas secara lengkap cara mengatasi memory card phone rusak, simak berikut ini.

Ini bisa saja berlaku pada jenis gadget yang anda gunakan, mungkin itu android, blackberry maupun handycam. Mungkin sebaiknya perhatikan saja, untuk lebih jelasnya. Anda bisa melakukan cara restore data di MMC atau Memory Card yang ada pada ponsel anda gunakan. Keluarkan dari handphone anda kartu tersebut. Check menggunakan computer maupun laptop dengan bantuan alat card reader, untuk melihat kondisi yang sesungguhnya. Benar tidak terbaca, atau sudah rusak total.

Artikel sejenis lainnya : Mengatasi Aplikasi BBM Android Sering Pending

Jika positif mengalami kerusakan, coba lakukan cara berikut persiapkan beberapa alat yang diperlukan. Pertama penghapus pensil yang siap digunakan. Lalu coba lihat konstruksi dari MMC, disana anda akan menemukan lempengan berwarna kuning. Coba anda bersihkan dengan menghapus pada bagian itu, sampai benar-benar dalam keadaan bersih. Jika sudah, coba dulu masukkan ke dalam card reader. Untuk melihat kondisinya, sudah bisa terbaca atau belum.

Kalau sudah, sekarang coba masukkan ke dalam handphone. Ingat, tepat pada socket Micro SD yang sudah tersedia pada smartphone, jangan sampai keliru dengan socket untuk kartu sim. Kalau sudah, coba nyalakan handphone dan lihat pada data penyimpanan. Apakah memory card sudah bisa terbaca atau masih belum. Kalau sudah, itu berarti kondisi MMC bukan rusak, melainkan ada beberapa bagian lempengan dari memory card phone yang memang sedang kotor. Sehingga menghambat handphone untuk dapat membaca isi memory.

Akhirnya, persoalan ini mendapat jalan keluar. Jika anda salah satu yang merasakan pengalaman pahit ini, dengan artikel berikut ini paling tidak dapat membantu mengatasinya. Itulah, beberapa cara ampuh mengatasi memory card phone yang rusak. Sekian dan selamat mencoba.

Link Fusion