Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Hikmah

Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh umat muslim bergegas untuk melaksanakan ibadah puasa. Dari malam, jalankan shalat tarawih dan witir. Pagi-pagi sekali menyiapkan sahur dan santap sahur. Adzan subuh tiba, kita bergegas ke masjid untuk menjalankan ibadah shalat subuh. Siang, shalat dhuhur, sore shalat ashar. Dan yang di tunggu adzan maghrib, shalat maghrib dan paling penting juga berbuka puasa. Dan kembali jalankan shalat isya’ bersama tarawih dan witir. Semua adalah bentuk rutinitas di bulan Ramadhan, bulan penuh hikmah.

Hikmah di balik Bulan suci ini adalah mengajarkan kita lebih bisa menghargai waktu. Kedua, bisa menahan hawa nafsu. Bukan saja makan dan minum. Tetapi, sikap dari amarah, dengki, suka membicarakan aib orang lain, dan lainnya yang termasuk penyakit hati. Sucikan diri dengan puasa, kita akan di ajarkan berpuasa secara baik, dan maksimal. Menjauhi diri dari sikap yang buruk. Lebih memperdalam ilmu kebajikan, bukan kemungkaran.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci, yang mensucikan diri jasmani maupun rohani. Dengan menjalankan ibadah puasa, berarti kita telah di ajarkanbagaimana sebaiknya menjadi makhluk ciptaan tuhan yang paling mulia di sisinya. Memperbaiki moralitas kita, itu paling penting. Begitu mulia bulan ini, karena setelah bulan ramadhan usai, kita akan merindukan kembali bulan suci itu. Rindu akan hikmah dibalik kesucian Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amalan kita selama bulan suci Ramadhan di limpahkan barokah, serta ridho dari tuhan yang maha esa. Amin. Wasalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *