Bhangra, Tarian Panen India

Bhangra, Tarian Panen India

Bollywood terkenal dengan film India. Baik genre drama, maupun action. Terbaru, Shahrukh Khan dalam film Ra One dan Don 2, menampilkan India versi Action. Khas dalam Film Inida, diberikan tarian India. Suasana ceria di saat lagu-lagu India dimainkan bersamaan tarian para dancer juga aktor dan aktris yang berlaga. Berbeda dengan Bhangra, juga merupakan Tarian Khas India.

Bhangra bukan Tarian yang ditampilkan dalam film-film Bollywood. Melainkan sebagai rasa syukur telah tiba pesta panen Padi. Para lelaki rela menari di tengah sawah, menunjukkan betapa bahagia ketika waktu yang ditunggu telah hadir kali ini. Musim panen memang menjadi titik puncak para petani menggarap sawah.

Nyanyi dan menari yang ditampilkan oleh pria-pria di tengah sawah disebut sebagai Festival Baisakhi. Di tengah sawah menari dengan bahagianya, ditemani sinar matahari yang terik juga dedaunan padi yang terasa gatal di kulit. Itu tidak menyurutkan pesta tersebut tertunda. Apalagi, senyum paralelaki yang sangat bahagia, tiba musim panen yang telah lama di nanti.

Banyak macam bentuk rasa syukur yang dihadirkan oleh masyarakat petani. Seperti di India, mengadakan festival Baisakhi. Sedangkan di Tanah air, lebih pada syukuran, slametan, semua tradisi jawa. Kegiatan yang bisa menjadi tradisi karena kebiasaan yang telah turun temurun, hingga kini masih di laksanakan upacara tersebut. Rasa syukur atas limpahan nikmat yang diberikan oleh sang maha pemberi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *